Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Kota Metro

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Metro, yang kali ini diselenggarakan untuk Wilayah Metro Timur.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Kecamatan Metro Timur (07/11) tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo Metro I Putu Ganepo, Sekretaris Camat Kecamatan Metro Timur Ferry Handono, Kabid Komunikasi  dan Informasi Diskominfo Metro Yudha Yunianto, Narasumber KIM Zulkifli, Peserta KIM yang terdiri dari pengurus/anggota Aktif Kelompok Tani, perwakilan dari Industri Kecil dan Menengah, pengurus Karang Taruna, pengurus/anggota Kelompok Seni, KWT, Gapoktan, dan perwakilan Pengurus PWRI.
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.
Didalam arahan Sekcam Metro Timur,  Ferry Handono berharap KIM ini dapat berfungsi dan berguna untuk masyarakat Kota Metro sesuai dengan harapan bersama. “Mudah-mudahan peserta yang hadir dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga dapat dibentuk forum KIM tingkat Kecamatan Metro Timur periode 2018-2020, dan mudah-mudahan sinergitas kita antara Kecamatan Metro Timur dan Kominfo dapat terjalin dengan baik.”, terangnya.
Imbuhnya, Ferry juga mengharapkan dengan setelah dibentuknya KIM tersebut, semakin dapat menjaring informasi masyarakat tentang informsi-informasi dari bawah, salah satunya adalah informasi dalam mengmbangkan produksi ekonomi kreatif.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Metro, I Putu Ganepo, menyampaikan bahwa di era globalisasi yang modern ini tentunya kita harus mengikuti era tersebut. Terlebih kaitannya dengan sosialisasi KIM ini, Sekretaris Diskominfo tersebut berharap seluruh masyarakat  dapat memilah informasi-informasi terbuka yang diterima.
“Kita harus pandai menyaring antara berita-berita yang benar dengan yang tidak benar (hoax), seperti informasi dari medsos yang saat ini sangat mudah digunakan untuk membagi informasi.” tambahnya.
Usai arahan, dilanjutkan dengan sosialisasi yang diisi oleh narasumber KIM Zulkifli dan moderator oleh Yudha Yunianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *